TEMPO.CO, Jakarta - Suara simpatisan Presiden RI Keempat Abdurahman Wahid atau Gus Dur yang disebut Jaringan Gusdurian dinilai punya bobot dalam memenangkan Pemilu. Tak ayal para kandidat kemudian berlomba untuk mendapatkan dukungan mereka, termasuk dalam Pilpres 2024.
Gusdurian merupakan kelompok beranggotakan individu, komunitas, atau lembaga yang sama-sama memiliki pemikiran untuk meneruskan perjuangan Gus Dur. Fokus gerakan ini adalah pada isu-isu tertentu. Di antaranya ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, kesatriaan, maupun kearifan tradisi.
Sejarah berdirinya Jaringan Gusdurian
Dinukil dari Majalah Tempo edisi awal Januari 2020, tak lama setelah Gus Dur berpulang pada 2009, para pengagum dan muridnya menyelenggarakan berbagai acara untuk mengenangnya. Putri-putri Gus Dur berbagi tugas mendatangi sejumlah kota. Alissa Wahid misalnya, bertandang ke Manado, Bandung, serta Jombang dan Malang. Alissa menangkap kegelisahan, terutama dari kelompok-kelompok minoritas. “Kalau kami ada apa-apa, kepada siapa kami mengadu,” demikian curhat yang didengar Alissa.
Sebuah pertanyaan lalu muncul di kepala Alissa. Bagaimana cara merawat warisan Gus Dur? Alissa berdiskusi dengan penulis buku biografi Gus Dur, Gregorius James Barton; aktivis Wahid Institute, Ahmad Suaedy; aktivis muda Nahdlatul Ulama, Savic Ali; serta sejumlah sahabat Gus Dur di Jawa Timur. Kesimpulan diskusi itu: nama besar Gus Dur adalah modal untuk merawat keindonesiaan. “Kami harus memperbanyak agen penggerak dan melanjutkan tradisi dialog,” kata Alissa.
Pada Februari 2010, terjadi peristiwa penyerangan jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten. Peristiwa itu kemudian menjadi pemantik organisasi yang mewadahi para pendukung Gus Dur. Menurut Savic Ali, para murid Gus Dur berkumpul di kantor Wahid Institute di Menteng, Jakarta Pusat, mendiskusikan persoalan tersebut. Acara kongko itu menjadi rutin digelar pada Jumat pertama saban bulan. Mereka mengatur strategi advokasi kelompok marginal dan minoritas. Diskusi ini berlanjut di kota-kota lain.
Namun Alissa masih gamang. Hatinya masih luka gara-gara kejatuhan Gus Dur dari kursi kepresidenan pada 2001. Sejak itu ia memilih menjauh dari hiruk-pikuk politik, menjadi psikolog dan mengelola lembaga pendidikan untuk anak usia dini bernama Fast Track di Yogyakarta serta menjalankan bisnis properti. Apalagi, keluarga Gus Dur harus membayar gaji karyawan di Ciganjur, yang bertambah banyak sejak Gus Dur menjadi presiden. “Kami bukan keluarga kaya yang memiliki mesin ekonomi,” ujarnya.
Di sisi lain, Alissa merasa bersalah jika “warisan” Gus Dur tentang merawat toleransi dan menghancurkan diskriminasi tak dilanjutkan. Akhirnya, Alissa memutuskan nyemplung total membesarkan gerakan ini. Setelah Jaringan Gusdurian mengkristal, para sahabat Gus Dur menggelar simposium pada November 2011 merumuskan nilai-nilai yang hendak diperjuangkan.
Savic menjelaskan, salah satu nilai yang dipegang Gus Dur adalah pembelaan kepada yang tertindas. Karenanya, Jaringan Gusdurian kerap berada di garis terdepan manakala kasus diskriminasi berbasis keagamaan meruak. Misalnya dalam kasus Syiah di Sampang dan persekusi terhadap kelompok Ahmadiyah. Alissa menuturkan, Gus Dur mungkin tak sepenuhnya sepakat dengan nilai keagamaan Ahmadiyah. “Tapi beliau akan membela hak kaum Ahmadiyah menjalankan keyakinannya,” kata Alissa.
Kini Jaringan Gusdurian telah terbentuk di lebih dari seratus kota. Aktivisnya juga masuk ke lembaga formal negara. Setelah Jaringan Gusdurian terbentuk, hidup Alissa pun berubah. Dari awalnya menutup hidup rapat-rapat, kini Alissa rajin berkeliling Indonesia untuk menemui beragam kelompok dan mendengarkan keluh-kesah mereka. “Barangkali dengan cara ini saya bisa meneruskan perjuangan Gus Dur,” kata Alissa.
HENDRIK KHOIRUL MUHID | FRANCISCA CHRISTY ROSANA | MAJALAH TEMPO
Pilihan Editor: Yenny Wahid dan Suaminya, Dhogir Farisi Beda Pilihan Capres-Cawapres di Pilpres 2024