Dikuntit Intel, Anas Urbaningrum Punya Cerita

Editor

Nur Haryanto

Minggu, 14 April 2013 20:07 WIB

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (tengah). ANTARA/Ridhwan Ermalamora Siregar

TEMPO.CO, Jakarta - Pengawasan anggota intelijen terhadap orang-orang tertentu mendadak disampaikan tokoh-tokoh politik. Minggu siang, 14 April 2013, Megawati di Solo mengatakan bahwa dirinya selalu diawasi gerak-geriknya. Dia mengatakan, baru satu menit pidato, orang-orang pusat sudah tahu apa isi pidatonya. (Baca: Mega Merasa Gerak-geriknya Diawasi Penguasa )

Setelah Megawati 'curhat' mengenai intelijen yang mengawasi dirinya. Sepanjang sore pada hari yang sama, Anas Urbaningrum ternyata juga punya cerita saat dia dikuntit intel ketika di Bali. Ini kutipan lengkap dari cuitan mantan Ketua Umum Partai Demokrat, melalui akunnya @anasurbaningrum dengan #alatnegara:

- Saya tiba di Bali tgl 28 Maret jam 7 malam. Tepatnya di Singaraja. #alatnegara
- Tujuan utama saya adalah bezoek (menjenguk) Ibunya sahabat saya, Pasek Suardika yg sdg sakit. #alatnegara
- Orang tua saya mengajarkan untuk ringan-langkah bezoek saudaranya yg sakit. #alatnegara
- Saya merasa dekat dng keluarga Pasek. Ibunya saya anggap sbg ibu saya sendiri. #alatnegara
- Tgl 28 Maret malam, sehabis bezoek dan kemudian makan malam, saya dan istri menginap di Singaraja. #alatnegara
- Bagi yg belum tahu, Singaraja itu ibukota Kab Buleleng. Ada di pantai utara Bali. #alatnegara
- Pantainya indah, tdk kalah dng Bali Selatan. Yg terkenal di Singaraja adalah Pantai Lovina. #alatnegara

Selanjutnya: - Saya dan istri menginap di salah satu penginapan di Lovina. Pinggir pantai. #alatnegara

<!--more-->

- Jumat pagi, tgl 29 Maret, kami dijemput Pasek dan istri di penginapan. Kami akan menuju Denpasar. #alatnegara
- Pasek bercerita bahwa rumah ibunya baru didatangi 2 orang aparat. Tanya2 apakah ada tamu dari Jakarta. #alatnegara
- Sang aparat juga bertanya dimana tempat menginapnya. #alatnegara
- Hotel kakaknya Pasek di Singaraja juga kedatangan tamu aparat. Tujuannya sama dng yg datang ke rumah ibunya.
- Sambin ngobrol, saya bilang kita harus bersyukur. Berarti ada fasilitas pengamanan gratis. #alatnegara#alatnegara
- Sekitar jam 10.30 kami bergerak dari Singaraja. Tujuannya Denpasar. #alatnegara
- Sengaja kami memilih lewat Kintamani. Mengapa? Ingin sambil menikmati sejuk dan indahnya Kintamani. #alatnegara
- Kami berenam di mobil. Saya dan istri. Pasek dan istri. Sopir dan seorang teman lagi dari Jatim. #alatnegara
- Di sepanjang jalan, ngobrol ngalor-ngidul, termasuk ttg aparat yg mencari-cari. Sambil bersyukur dan ketawa-ketiwi. #alatnegara
- Selepas Kintamani, kami menuju Ubud. Sengaja mau makan siang di Bebek Tepi Sawah. #alatnegara

Selanjutnya: - Para istri menyarankan jangan di Bebek Tepi Sawah. Alasannya pasti ramai dan tempat terbuka. #alatnegara

Advertising

<!--more-->

- Tetapi krn memang ingin makan bebek, ya kami putuskan tetap #KulinerLB di Ubud itu. #alatnegara
- Ketika kami datang, di luar tdk terlalu ramai. Bbrp orang duduk2 di depan. Di dalam tentu ramai. #alatnegara
- Kami makan sekitar 1,5 jam. Setelah selesai, segera kami ingin lanjut ke Denpasar. #alatnegara
- Ketika kami keluar warung, yg duduk2 di depan mjd banyak. Juga yg berdiri2. Wajahnya penuh selidik. #alatnegara
- Dengan cekatan HP-HP mereka menjepret kami. Jelas bukan jepretan wartawan. Kalau wartawan pasti akan wwcra. #alatnegara
- Perjalanan Ubud-Denpasar inilah yg asyik. Bbrp sepeda motor sdh standby untuk mengikuti. #alatnegara
- Saya dan Pasek, sbg bekas aktivis, langsung "on". Tahu bahwa diikuti bbrp sepeda motor. #alatnegara
- Istri saya dan istri Pasek yg rutin menengok ke belakang. Mengecek pasukan sepedamotor. #alatnegara

Selanjutnya: - Mobil terus diikuti. Pelan diikuti. Kencang diikuti. Asyik betul. Bahkan sempat ada yg difoto. #alatnegara

<!--more-->

- Ketika menjelang bundaran Padanggalak, Pasek punya ide. Mobil tiba2 diputar ke bundaran Padanggalak. #alatnegara
- Tuips, shalat Maghrib dulu ya. Insyaallah nanti dilanjutkan. Salam berkah.
- Begitu mobil belok mendadak ke bundaran Padanggalak, salah satu motor terlanjur ke arah Sanur. Motor lalu berhenti. #alatnegara
- Bbrp motor yg lain ikut muter di Padanggalak. #alatnegara
- Tentu saja kami ketawa-ketiwi. Luar biasa, hiburan gratis. Pasek lalu minta sopir muter sekali lagi. #alatnegara
- Tentu saja motor tetap mengikuti. Bahkan motor yg sdh terlanjur ke arah Sanur, kali ini bisa ikut lagi. #alatnegara
- Sehabis ke apotik Kimia Farma di Denpasar, sengaja kami ke arah Sanur. Muter2 saja lihat suasana. #alatnegara
- Motor2 konsisten mengikuti. Kata istri saya : kasihan bisa masuk angin itu orang. #alatnegara
- Saya bilang : itu melaksanakan tugas dan sdh terlatih. Pasti sangat kuat. #alatnegara
- Di tengah perjalanan Denpasar-Sanur, Pasek dihub ajudan Presiden (maaf, Ketua Wanbin). #alatnegara
- Rupanya ajudan mengabarkan bahwa Ketua Wanbin mengirim pesan lewat SMS. #alatnegara
- Setelah dibaca, rupanya SMS isinya : tlg disampaikan pesan untuk Bung AU. Ada bbrp poin. #alatnegara
- Spontan Pasek bilang: "wah Ketua Wanbin sdh tahu kalau saya bersama Ketum". #alatnegara
- Meski sdh bukan Ketum, teman2 masih suka memanggil saya Ketum. Tak tahu apa alasannya. #alatnegara

- Tentu saja kemudian Pasek menjawab SMS itu. Poin2nya kami diskusikan. Isinya baik dan positif. #alatnegara

Selanjutnya: - Kami lanjut ke Sanur dan ringkas cerita kemudian menuju rumah Pasek di Denpasar. #alatnegara

Berita terkait

Kronologi Perempuan Hampir Diculik Sopir Grab, Sempat Alami Kekerasan, Diancam dan Diperas

33 hari lalu

Ramai di media sosial unggahan cerita korban yang diduga mengalami tindakan kekerasan oleh sopir GrabCar. Bagaimana kronologinya?

Baca Selengkapnya

Ini Alasan Anas Urbaningrum Belum Tentukan Dukungan ke Salah Satu Capres-Cawapres

23 Desember 2023

Ketum Partai Kebangkitan Nusantara Anas Urbaningrum ungkap alasan partainya belum tentukan arah dukungan ke pasangan capres-cawapres pemilu 2024.

Belum Tentukan Arah Mendukung Pasangan Capres, Inilah Profil PKN

30 Oktober 2023

Soal dukungan capres dan cawapres di Pilpres 2024 akan dibahas di Majelis Agung PKN.

Anas Urbaningrum Bicara Drama Bacapres: Pada Waktunya PKN Bersikap

10 September 2023

Anas Urbaningrum memastikan PKN akan mendukung salah satu capres. Namun belum saat ini.

Anies Baswedan dan Anas Urbaningrum Dijadwalkan Berkunjung ke Sumatera Selatan

7 September 2023

Anies Baswedan bakal berakhir pekan di Palembang. Di hari yang sama, Anas Urbaningrum juga dijadwalkan ke Sumatera Selatan

Baca Selengkapnya

Hadiri Deklarasi Prabowo Subianto oleh PBB, Ini Profil Cak Imin, Anis Matta, dan Anas Urbaningrum

31 Juli 2023

Cak Imin, Anas Urbaningrum, dan Anis Matta hadiri deklarasi Prabowo Subianto sebagai Capres 2024 oleh PBB. Ini profil ketiga ketua umum partai itu.

Baca Selengkapnya

Profil Partai Kebangkitan Nusantara, Eks Sayap Partai Demokrat yang Disebut Anas Urbaningrum Bukan Partai Keluarga

16 Juli 2023

Anas Urbaningrum sebut Partai Kebangkitan Nusantara bukan partai keluarga yang ekslusif. Ini profilnya.

Baca Selengkapnya

Anas Urbaningrum Balik Terjun ke Dunia Politik, Gede Pasek sempat Singgung Hak Berserikat

16 Juli 2023

Anas Urbaningrum kembali terjun ke dunia politik setelah bebas. Gede Pasek sempat singgung hak berserikat.

Anas Urbaningrum Bilang PKN Bukan Partai Keluarga

16 Juli 2023

Anas Urbaningrum optimistis partai ini akan menjadi magnet bagi hadirnya calon kader baru yang ingin bergabung.

Profil Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara

15 Juli 2023

Anas Urbaningrum terpilih sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara yang baru. Berikut profilnya.